Selasa, 18 November 2014

taman menteng saat malam hari selalu saja gelap

Taman kota , taman menteng yang terletak di antara jalan Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Mohammad Yamin, Menteng, Jakarta Pusat. Ruang Terbuka Hijau (RTH) memang sangat dibutuhkan sekali untuk ibu kota ini yang di sesaki bangunan dan gedung yang hendak mencakar langit, karena taman masih sangat jarang di Jakarta sehingga sulit rasanya masyarakat mencari suatu tempat yang nyaman dan tenang dengan suasana penghijauan yang sejuk di kota  Jakarta yang terlalu sempit hanya menatap langit biru saat pagi dan kelamnya langit saat mentari tengelam. 



RTH di Jakarta belum sampai 30 % dari seluruh wilayah DKI Jakarta itu sendiri, yang sesuai syarat UU No. 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang yang mengharuskan RTH itu minimal 30%, pantes saja Jakarta semakin panas kalau RTH Cuma 9,6%  .Mudah-mudahan bisa bertambah lagi secepatnya biar sejuk dan semakin tertatat dengan apik. 




Taman menteng dengan dua icon rumah kaca yang berfungsi sebagai penanda dan penerangan saat malam tiba tapi sudah berapa bulan ini malah mati total, bahkan lampu taman pun mati juga hanya yang menyala di lapangan basket yang sebelumnya beredar di berita sebgai tempat mesum, apa tempat mesum mau di pindahkan dari lapangan ke area depan rumah kaca yang ada beberapa komunitas melakukan kegiatan di sana tiap minggunya. Seperti komunitas baca-baca di taman yang selalu buka pada malam hari karena sudah menjadi ritual mingguan kami berkumpul dengan teman sebagai ajang silahturahmi dan sharing bacaan  atau pun masalah yang tak terlalu penting. Baca-baca di taman sudah satu bulan dua minggu ini tak dapat berjalan dengan seperti biasanya karena penerangan yang tak ada.

Ruang publik yang gelap saat malam mengakibatkan banyak hal negative mengundang kriminalitas, seharusnya ruang publik seperti taman menteng memfasilitasi segala macam kegiatan dengan Cuma-Cuma ..ruang publik untuk publik.

Untuk Ruang Publik seperti di Taman Menteng ini, yang ada gedung-gedung pencakar langit, atau itu semua mungkin karena kota ini adalah pusat perekonomian yeaah, bukan pusat perhutanan. :D Yap’s tapi setidaknya tempat dengan suasana yang sejuk dan rindang juga sangat diperlukan untuk masyarakat agar supaya udara yang kita hirup juga lebih banyak Oksigennya dibanding udara yang tercampur polusi Karbon dioksida. Sambil menatap langit malam yang selalu saja menyenangkan sambil sedikit terdengar ada curcol (curhat colongan) hehehe.

UU ruang menatap langit




Tidak ada komentar:

Posting Komentar