Senin, 08 Juni 2015

kumpul di taman... KUDETA Juni

Waktu serasa berlari begitu cepat meninggalakan bulan Mei 2015 dan ketemu lagi di bulan Juni di taman menteng. Baca-baca di taman ketika malam datang menjemput untuk segera beranjak menuju menteng bersama pergi tenggelamnya matahari dan digantikan oleh bulan yang nampak bulat untuk menandai malam telah datang.

Sabtu 6 Juni 2015 jam 19:00 wib Taman Menteng serasa sangat janggal sepi sedikit sekali pengunjung yang melipir di taman ini. Ketika sampai 10 menit yang lalu nampak sekelompok muda-mudi yang berjalan menghampiri tukang kopi keliling dan sepasang kekasih yang nampaknya baru pertama kali berkunjung ke taman menteng ini. Melihat susan taman pasangan itu sedikit ragu karena suasana masih sepi di taman, terlintas terdengar lewat perbincangannya mereka kaget ketika memasuki taman ada polis line  yang berada di seberang jalan menuju gedung parkir taman menteng. Di dalam persepsi mereka taman mungkin tempat yang kurang nyaman dan rawan kriminalitas. Tapi setelah mereka duduk dibangku taman dan menikmati senyapnya malam minggu di taman dengan di hampiri penjual kopi keliling yang selalu siap menawarkan minuman hangat maupun dingin kring.. kring yang aus ess.. kopi..!


Lampu taman dan rumah kaca menjadikan taman menteng tempat yang gemerlap nampak dari kejauhan ini yang mengusir kunang-kunang menjauh dan mencari tempat yang gelap.  
Menatap langit malam di taman ….sambil berkumpul dan berbincang ringan di awal pertemuan di baca-baca di taman di bualan Juni 2015 sambil lesehan.

BIR (bincang ringan): lesehan merupakan sebuah kebudayaan asia tenggara. Budaya lesehan ini merujuk kepada masyarakat di asia identik dengan sebuah pola hidup sederhana. Makan di atas lantai tanpa adanya kursi. Merujuk pada sebuah pepatah “ berdiri sama tinggi, duduk sma rendah”, dengan lesehan tidak ada lagi sebuah perbedaan status profesi pekerjaan, social, ekonomi dll. Tetapi lesehan menujukkan kesetraan dan kebersamaan yang di dasrkan rasa persaudaraan.

Uu_ruangmenataplangit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar