Kamis, 18 Juli 2013

Taman Oase di Tengah Kota





Taman-taman kota di Jakarta sangat diperlukan untuk sebagai sumber peresapan air dan juga tempat beraktivitas warganya di waktu luang sebagai ruang terbuka untuk publik. Salah satu taman kota yang terkenal di Jakarta dan paling sering dikunjungi adalah Taman Menteng. Letak taman ini di Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng dan merupakan sebuah taman di tengah kota yang memiliki fasilitas berupa gedung parkir, rumah kaca, playground serta lapangan terbuka untuk bermain futsal, basket, joging, dan kegiatan beladiri  yang semuanya hampir beraktifitas dan ramai pada malam hari.


Awalnya taman seluas lebih dari 2 hektar  ini merupakan sebuah lapangan sepakbola milik Persija. Tetapi lama kelamaan, karena tidak sering dipergunakan, kemudian banyak berdiri bangunan-bangunan tak berizin maupun lapak-lapak kaki lima sehingga lapangan tersebut kehilangan fungsinya dan terlihat sangat tak estetika karena tak terawatt lagi di tengah suasana kota. Akhirnya pada tahun 2007, oleh pemda DKI, lapangan itu kemudian direnovasi hingga menjadi taman yang cantik sebagai ruang publik walau pun pada pendiriannya banyak pro dan kontra. Ada air mancur di beberapa tempat dan jogging track buat mereka yang suka jalan santai dan berlari-lari kecil dan suka berkumpul/kongkow-kongkow.


Namanya juga taman di tengah kota, taman ini tak pernah sepi dari mereka yang ingin sekedar duduk-duduk atau pun beraktivitas di situ sambil menjalin silaturahmi atau yang berpacaran. Cuma yang agak disayangkan, di  malam hari agak banyak lampu taman yang tidak menyala sehingga sebentar sempat menimbulkan rasa agak kurang nyaman. Tapi buat mereka yang membawa pasangannya, kondisi seperti ini biasanya malah disyukuri oleh sebagian orang yang mau mojok berduaan yeaah. 


Menatap langit yang gelap di taman membuat nyaman. Inilah alternative sebagai tempat menatap langit . Di ruang publik, diskusi sosio-politik berlangsung. Konsep ranah publik Habermas adalah ruang bagi diskusi kritis, terbuka bagi semua orang.  Di ruang publik ini dapat dihimpun kekuatan solidaritas masyarakat warga untuk melawan mesin-mesin pasar/kapitalis dan mesin-mesin politik. Ruang publik harus mudah diakses setiap orang. Yeah menatap langit malam ini di taman menteng.



Uu_ ruangmenataplangit









Tidak ada komentar:

Posting Komentar