Rabu, 23 Juli 2014

HALOO Ruang yang Terbuka dan Hijau

HALOO Ruang terbuka hijau, hmm.. ruang yang sebagian dianggap tak terlalu penting tapi ruang terbuka hijau adalah sangat di butuhkan apa lagi di Jakarta yang penuh dengan gedung-gedung yang hendak mencakar langit dan penuh sesak berhimpitan, jalanan gang yang bersenggolan penuh sesak dan tak bisa lagi menatap langit yang luas.


Stephen Carr dalam bukunya Public Space, ruang publik harus bersifat responsif, demokratis, dan  bermakna. Ruang publik yang responsif artinya harus dapat digunakan untuk berbagai kegiatan dan  kepentingan luas. Secara demokratis yang dimaksud adalah ruang publik itu seharusnya dapat dimanfaatkan masyarakat umum tanpa harus terkotak-kotakkan akibat jurang baik sosial, ekonomi, dan budaya.  Bahkan, unsur demokratis dilekatkan sebagai salah satu watak ruang publik karena ia harus dapat  dijangkau bagi warga dengan berbagai kondisi fisiknya tidak mendiskriminasikanya bagi para penderita cacat tubuh  maupun yang lansia (lanjut usia). Selain bermanfaat untuk penyerapan air dan tempat menampungnya cadangan air, peningkatan kualitas udara, peredam kebisingan, dan manfaat lain yang telah disebutkan di atas, Ruang Terbuka Hijau juga penting bagi kelangsungan keanekaragaman hayati, makhluk hidup, baik hewan dan tumbuh-tumbuhan, yang kemudian juga membawa manfaat kebaikanuntuk kehidupan semua mahluk hidup.


Ruang Terbuka Hijau yang ditumbuhi berbagai macam pepohonan akan menarik makhluk hidup seperti burung, kupu-kupu, belalang, capung, lebah, ataupun kadal. Suara kicauan burung yang hidup secara liar atau terbang bebas dapat meredakan sebuah kejenuhan ataupun stress yang banyak dialami masyarakat perkotaan. taman sebuah ruang yang terbuka dan hijau yang bisa membuat sebuah keindahan dalam tatanan kota yang semakin semerawud dan tidak beraturan. Taman yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul dengan di hiasi bunga-bunga disekelilingnya dengan pepohonan nan rindang menaungi di kala teriknya mentari. Taman yang bisa juga untuk tidur-tiduransaat siang dengan teduhnya pohon yang rindang seperti anggota DPR dibawah pohon rindang ..bobo-bobo siang. Taman adalah tempat yang asyik untuk melamun, mencari inspirasi, terapi mata yang lelah karana memandangi terus layar yang flat itu loh yang buat bikin jauh tapi dekat yang dekat tapi jmenjauh atau bisa juga sambil membaca buku dengan santai sembari menanti yang di tunggu tak datang-datang kaya nunggu hari raya lebaran hehehe belum kelihatan hilalnya. Di taman berinteraksi, bersenda gurau bersama teman-teman siapa tau dapet teman baru lagi biar ramai Dech!  Dan pasti nggak lupa merekam semuanya dalam sebuah kamera lalu di sebar lewat sosmed aah narsis.



Hmmm.. baca-baca di taman di bulan july 2014, sabtu ini penutupan di bulan july karana eeh karan menyambut hari raya lebaran bukan saja milik umat islam tapi hari raya lebaran merupakan sebuah ritual kebudayaan milik semua rakyat Indonesia untuk kembali pulang ke tempat asal, bersilahturahmi ketemu langsung yang biasanya lewat telepon atau sosmed. 

Sampai ketemu lagi !!


S A ruangmentaplangit

baca-baca di taman 19 july 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar