Minggu, 15 November 2015

Gagdet ehh Gawai




“Smartphones are tools which fools fiddle with when they are around people that they don’t have the courage, or, the intellect, to converse with.”
― Mokokoma Mokhonoana

Memiliki dan memanfaatkan gawai atau gadget orang sering menyebutnya dan terasa aneh di dengar dengan kata gawai. Gawai adalah sebuah terjemahan dari bahasa asing Inggris yaitu terdiri dari sebuah perangkat seluler , komputer genggam dan juga komputer tablet.

Menurut KBBI ( kamus besar bahasa Indonesia ) Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil lebih praktis. Sebagai contoh:
Jam analog kemudian jam digital dan kini adalah jam pintar smartwacth.
Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu komputer tablet, laptop/notebook/netbook.
Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler. Dan pembaharuanya adalah smartphone baik iphone, android maupun windows phone OS.

Memiliki gawai bahkan kalau kita lupa membawanya adalah sesuatu yang janggal merasa ada yang kurang dari hidup ini. Bahkan kemana pun kita pergi, membawa gawai bahkan ke toilet sekali pun. Mungkin fungsi yang paling sering di gunakan, pengguna masih menggunakan komunikasi dengan suara dan teks.

Ketergantungan dengan teknologi adalah konsekwensi sebuah masyarakat modern yang membutuhkan akses komunikasi dengan praktis dan cepat. Dengan semakin sibuk ke dalam sebuah rutinitas hidup yang semakin mengasingkan diri kedalam sebuah pekerjaan yang terlalu menyita waktu luang. Dan waktu luang di habiskan untuk hahaa-hihihii dengan gawai di dalam gengaman sebenarnya siapa sih yang mengontrol, kita atau kita yang di kontrol oleh gawai eheem.

"Teknologi membuat hidup kita lebih mudah”
 ~ Steve job, Wawancara dengan Wired pada 1996


Edwanov  ruangmenataplangit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar