Rabu, 25 November 2015

JANBAR (Hujan Bubar..) I

#JANBAR 1 (Jalan Kaki)


Malam ini sabtu 21 November 2015 nampak langit di tutupi awan mendung dan beberapa wilayah Jakarta sudah turun hujan tapi Jakarta Pusat tetapnya di Menteng cuaca masih mendung, hujan mungkin membatalkan untuk membasai wilayah ini.

JANBAR (hujan bubar..) baca-baca di taman ..hmm namanya juga kegiatan di ruang terbuka kalau hujan bubar  tak ada tempat berteduh hanya beratapkan langit. Di taman menteng hanya rumah kaca dan tempat parkir tempat yang aman berteduh walau terkadang penuh sesak akibat hujan yang tak berhenti saat banyak pengunjung di taman ini.

Malam ini cuaca mendung terasa nyaman untuk berjalan kaki menuju taman menteng yang biasanya berjalan berkeringat  tapi memang cukup sehat berjalan kaki dengan cuaca yang cukup sejuk dan kendaraan bermotor yang tak terlalu banyak melintas di jalanan Ibu Kota. Dari halte transjakarta Tosari menuju Taman Menteng jalan santai cukup 15 menit.

Manfaat berjalan kaki untuk kebanyak orang saat ini sering disepelekan sehingga tidak sedikit orang dimasa kini yang katanya jaman modern, jalan kaki kaya orang kuno saja. Banyak faktor juga membuat orang semakin meninggalkan kebiasaan jalan kaki karena banyaknya kendaraan ibu kota yang penggunaannya semakin banyak dan trotoar semakin tak nyaman. Seperti yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor yang banyak akibat over produksi dan kebijakan pemerintah. Di Jakarta merupakan salah satu penyebab jarangnya kita melihat orang berjalan kaki saat menuju sekolah atau  kantor walau untuk sekedar iseng-iseng melihat suasana lingkungan perumahan atau perkampungan. Kemana-mana ..ngeeng naik motor tinggal tancap gas wes … jadi ngak usah keringetan atau nggak capek-capek  jalan.

Manfaat berjalan kaki saat berangkat memulai aktivitas di pagi hari seperti ke kantor ataupun ke sekolah bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jalan kaki bisa merupakan jenis olahraga yang sederhana dan sangat praktis, tanpa disadari berjalan kaki ke sekolah/kantor merupakan banyak manfaat bagi kesehatan. Jalan kaki adalah salah satu latihan aerobik paling sederhana dan teraman yang dapat kita lakukan, bahwa jalan kaki akan membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan kondisi jantung dan paru-paru. Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Dengan Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound lemak per tahun. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu lebih panjang umur beberapa tahun dibanding mereka yang tidak hmm.

Kalau mau berjalan kaki dengan menggunakan alas kaki, pakailah sepatu yang nyaman dengan sedikit longgar di bagian depan untuk mengantisipasi pelebaran kaki saat jalan kaki dilakukan sehingga terhindar dari rasa sakit. Selamat mencoba!

Dijahit oleh: Uu_ ruangmenataplangit






Tidak ada komentar:

Posting Komentar